covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal

Definisi Bubble Sort, Selection Sort, Insertion Sort, Merge Sort dan Quick sort

ADSENSE HERE!



 KUYY DI LIHAT ....

DEFINISI BUBLE SORT
Algoritma Bubble Sort ini merupakan proses pengurutan yang secara berangsur-angsur berpindah ke posisi yang tepat karena itulah dinamakan Bubble yang artinya gelembung. Algoritma ini akan mengurutkan data dari yang terbesar ke yang terkecil (ascending) atau sebaliknya (descending).Algoritma Bubble Sort ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, untuk kelebihannya metode ini merupakan metode paling sederhana untuk mengurutkan data. Selain sederhana, algoritma Bubble Sort mudah dipahami. Sementara itu, kekurangannya terletak pada efisiensi. Bubble Sort ini merupakan metode pengurutan yang tidak efisien karena ketika mengurutkan data yang sangat besar akan sangat lambat prosesnya. Selain itu, jumlah pengulangan akan tetap sama jumlahnya meskipun data sudah cukup terurut.

DEFINISI SELECTION SORT
Selection Sort merupakan salah satu algoritma pengurutan yang sederhana. Ide dasarnya adalah melakukan beberapa kali pass untuk melakukan penyeleksian elemen struktur data. Untuk sorting ascending (menaik), elemen yang paling kecil di antara elemen-elemen yang belum urut, disimpan indeksnya, kemudian dilakukan pertukaran nilai elemen dengan indeks yang disimpan tersebut dengan elemen yang paling depan yang belum urut. Sebaliknya, untuk sorting descending (menurun), elemen yang paling besar yang disimpan indeksnya kemudian ditukar.

DEFINISI INSERTION START
Insertion sort adalah sebuah algoritma pengurutan yang membandingkan dua elemen data pertama, mengurutkannya, kemudian mengecek elemen data berikutnya satu persatu dan membandingkannya dengan elemen data yang telah diurutkan. Karena algoritma ini bekerja dengan membandingkan elemen-elemen data yang akan diurutkan, algoritma ini termasuk pula dalam comparison-based sort. Ide dasar dari algoritma Insertion Sort ini adalah mencari tempat yang "tepat" untuk setiap elemen array, dengan cara sequential search. Proses ini kemudian menyisipkan sebuah elemen array yang diproses ke tempatnya ang seharusnya. Proses dilakukan sebanyak N-1 tahapan (dalam sorting disebut sebagai "pass"), dengan indeks dimulai dari 0. Proses pengurutan dengan menggunakan algoritma Insertion Sort dilakukan dengan cara membandingkan data ke-i (dimana i dimulai dari data ke-2 sampai dengan data terakhir) dengan data berikutnya. Jika ditemukan data yang lebih kecil maka data tersebut disisipkan ke depan sesuai dengan posisi yang seharusnya.

DEFINISI MERGE SORT
Merge sort merupakan algoritma pengurutan dalam ilmu komputer yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengurutan atas suatu rangkaian data yang tidak memungkinkan untuk ditampung dalam memori komputer karena jumlahnya yang terlalu besar. Algoritma ini ditemukan oleh John von Neumann pada tahun 1945.

Algoritma pengurutan data merge sort dilakukan dengan menggunakan cara divide and conquer yaitu dengan memecah kemudian menyelesaikan setiap bagian kemudian menggabungkannya kembali. Pertama data dipecah menjadi 2 bagian dimana bagian pertama merupakan setengah (jika data genap) atau setengah minus satu (jika data ganjil) dari seluruh data, kemudian dilakukan pemecahan kembali untuk masing-masing blok sampai hanya terdiri dari satu data tiap blok.


Setelah itu digabungkan kembali dengan membandingkan pada blok yang sama apakah data pertama lebih besar daripada data ke-tengah+1, jika ya maka data ke-tengah+1 dipindah sebagai data pertama, kemudian data ke-pertama sampai ke-tengah digeser menjadi data ke-dua sampai ke-tengah+1, demikian seterusnya sampai menjadi satu blok utuh seperti awalnya. Sehingga metode merge sort merupakan metode yang membutuhkan fungsi rekursi untuk penyelesaiannya.

DEFINISI QUICK START
Quick sort merupakan salah satu dari ke enam metode pengurutan dimana ini merupakan metode tercepat bagi komputer untuk melakukkan pengurutan pada data acak. Sesuai dengan sebutannya, "quick" maka bisa kita simpulkan ini merupakan metode yang cepat. Yap memang tercepat daripada metode lain tapi jika kita yang harus megurutkannya secara manual mungkin sedikit lebih sulit. Bagi pencarian manual mungkin ini lebih sulit tapi untuk mengurutkan data skala besar, quick lebih cepat dan efektif. Quick sort menggunakan teknik sumbu acuan. Sumbu ini akan digunakan untuk menjadi suatu acuan dengan membandingkan data yang lain. Konsepnya tetap menggunakan perbandingan tetapi yang akan kita bandingkan adalah data dengan titik acuan. Sumbu acuan ini kita sebut dengan pivot. Selain pivot, nanti akan ada sumbu kanan dan sumbu kiri. Sumbu kiri digunakan untuk membandingkan data dari kiri dengan pivot, sedangkan sumbu kanan untuk membandingkan data dari kanan dengan pivot. Bagaimanakah langkah penyelesaiannya? Mari kita simak di bagian metode dibawah.

Semoga bermanfaat Boy :D
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Silahkan Masukkan komentar anda disini,

Copyright © Progcraz. All rights reserved. Template by CB